Mahkota dewa dan khasiatnya

Pohon Mahkota Dewa (Phaleria macrocarpa) dikenal sebagai salah satu tanaman obat di Indonesia. Asalnya dari Papua/Irian Jaya.

Mengetahui khasiat tumbuhan satu ini, mungkin Anda segera berminat menanamnya. Betapa tidak. Tanaman ini ternyata punya khasiat luar biasa. Ia bisa menyembuhkan gangguan kesehatan dari  yang rungan hingga yang berat. Mulai dari pegal-pegal (kalau ini, aku dah sering), Flu bahkan sampai Diabetes. (Temenku yang sering sakit kepala dalam beberapa hari minum teh Mahkota Dewa, keluhan sudah agak menurun)

Bagaimana dengan kanker? Berdasarkan pengalaman beberapa orang, tanaman ini mampu melawannya, termasuk yang merasa sembuh dari penyakit pada organ hati atau jantung, hipertensi, rematik, serta asam urat.

Buah mahkota dewa mengandung beberapa zat aktif seperti:

  • Alkoid, bersifat detokfikasi yang dapat menetralisir racun di dalam tubuh
  • Saponin, yang bermanfaat sebagai:
    • sumber anti bakteri dan anti virus
    • meningkatkan sistem kekebalan tubuh
    • meningkatkan vitalitas
    • mengurangi kadar gula dalam darah
    • mengurangi penggumpalan darah
  • Flavanoid
    • melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh dan mencegah terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah
    • mengurangi kandungan kolesterol serta mengurangi penumbunan lemak pada dinding pembuluh darah
    • mengurangi kadar resiko penyakit jantung koroner
    • mengandung antiinflamasi (antiradang)
    • berfungsi sebagai anti-oksidan
    • membantu mengurangi rasa sakit jika terjadi pendarahan atau pembengkakan
  • Polifenol
    • berfungsi sebagai anti histamin (antialergi )

Tanaman atau pohon mahkota dewa seringkali ditanam sebagai tanaman peneduh. Ukurannya tidak terlalu besar dengan tinggi mencapai 3 meter, mempunyai buah yang berwarna merah menyala yang tumbuh dari batang utama hingga ke ranting.
Untuk mengolahnya jadi obat pun sangat gampang. Cuma dengan menyeduh teh racik terbuat dari kulit dan daging buah, cangkang buah, atau daunnya, bahan obat alami ini pun siap dipakai.
Di Jawa Tengah dan Yogyakarta, tanaman ini dijuluki makuto dewo, makuto rojo, atau makuto ratu. Orang Banten menyebutnya raja obat, karena khasiatnya bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Sementara, orang-orang dari etnik Cina menamainya pau yang artinya obat pusaka.

Refrensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Mahkota_Dewa
http://www.mahkotadewa.com/Indo/info/artikel/intisari0102.htm

115 respons untuk ‘Mahkota dewa dan khasiatnya

  1. ISTRI SAYA MENDERITA KANKER PAYUDARA STADIUM III, INSYAALLAH SAYA UK COBA DIKONSUMSI, MENGINGAT SAYA SENDIRI MENANAM DI DEPAN RUMAH.

    • Saya punya ramuan herbalcair siap minum yang sebenarnya untuk pengobatan kanker tetapi dalam perjalanannya selain bisa mengobati kanker yaitu kanker rahim bisa juga mengobati migren, baal, gangreng (diabetis basah, eksim, sakit gigi dll

  2. Khasiat Bunga Rosella:
    Menurunkan Tekanan Darah Tinggi,Menurunkan kolestrol,Menurunkan asam urat,Menurunkan Kadar Gula dalam darah,Menurunkan Panas Dalam,Mengandung Vit. C Tinggi
    hub. 085649733777

  3. saya dari malaysia dan pernah mengunakan teh racik mahkota dewa sudah lima tahun digunakan obat ini memang hebat jiran saya sekarang sudah sembuh dari penyakit kronik diabetes dan sekarang sudah banyak yang ingin mencoba masalahnya bahan tidak mencukupi yang ada pada saya bibit mahkota dewa 5 pokok ada sesiapa yang bisa bantu saya untuk membekal bahan ni …. hubungi saya

  4. mo tanya nih..
    akhir2 ini sy sering sesak nafas tp blm terdeteksi apa penyebabnya krna blm ke dokter.

    saya adlh penderita sakit maag itu biasanya krna asam lambung naik. jadinya utk sementara sy menghindari makanan2 yg mengandung gas dan gorengan2.

    Apakah mahkota dewa ini bs dikonsumsi utk org2 penderita penyakit maag spt sy ini?

  5. . jantung saya kadang2 sering berdetak kencang.apakah saya memiliki gejala jantung?

    . saat makan atau pun olah raga keringat saya keluarnya sepertinya terlalu banyak,apa penyebabnya?

    .

    • wah..ade sy jg bgtu tuh..persis spt itu..keluar keringat berlebihan dn jantung berdetak kencang sekali.
      tadinya sy kira jantung stlh periksa k dokter..ga taunya dia menderita hypertiroid..sejenis kelenjar getah bening.

      sebaiknya situ k dokter aja dlu.

      • mungkin bukan penyakit jantung tapi penyakit cinta . .
        biasanya kand orang jatuh cinta jantung nya ska berdebar k\encang kaya kuda . . ,
        he…heehehehe

  6. mau tanya nich, aku rasa di payudara sebelah kananku ada benjolan…
    aku takutnya ada tumor????????
    apa boleh aku konsumsi teh hijau mahkota dewa??/
    ada g efek sampingnya????????dibalaz ya

  7. saya punya adik lahirnya prematur,, dan kata medis ususnya turun, belum termasuk penyakit hernia… menurut para pembaca bagaimana mengatasinya?

  8. Saya ingin tahu cara mengolah buah makuto dewo untuk dijadikan obat, maksud saya apakah cukup direbus dan diminum, atau ada takarannya dan ada campurannya, terima kasih

  9. tadi pegi expo nelayan penternak dan peladang kat MITC Ayer Keroh Melaka, ada akak tu bagi test minum air mahkota dewa. cakap dia khasiat banyak, tak caya tengok internet. airnya aku dan bini aku rasa ok macam teh cina. mungkin juga kencing manis boleh turun. aku nak try…..

    • JANGAN X MENCUBA..MAHKOTA DEWA DAH ADA DI PASARAN MALAYSIA DAN I DAH MINUM UNTUK BEBERAPA BULAN.. YANG MENABJUBKAN MAHKOTA DEWA NIE TIDAK MEROSAKKANGINJAL SEPERTI HERBA LAIN DAN YANG PENTING MAHKOTA DEWA NIE MENCEGAH DAN MERAWAT… INSYAALLAH

    • saya menjual produk teh mahkota dewa.
      Kategori:
      1)Daun-untuk tambah darah, tenaga batin (lelaki pompuan)
      2)batang-untuk masalah tulang
      3)kulit-tambah darah,lancarkan darah, antibodi
      4)cakang-ubat kenser, arthritis,gout, diebetis, high blood pressure, dll
      5)buah-(beracun)untuk luaran spt minyak sapu, untuk gatal2, alergi

      • saya menjual produk teh mahkota dewa.
        Kategori:
        1)Daun-untuk tambah darah, tenaga batin (lelaki pompuan)
        2)batang-untuk masalah tulang
        3)kulit-tambah darah,lancarkan darah, antibodi
        4)cakang-ubat kenser, arthritis,gout, diebetis, high blood pressure, dll
        5)buah-(beracun)untuk luaran spt minyak sapu, untuk gatal2, alergi

        stok adalah dari Malaysia
        hubungi saya-hanna +60174261101 atau zul +60136988628

  10. saya punya saudara di vonis gula darah yg sangat tinggi smpai 700 pdhl normalnya 150,dan sudah parah kakinya di suruh amputasi oleh dokter.apa obatnya ya?

    • Sekitar bulan nopember 2009 saya mempunyai pasien yang hampir samadengan saudara. Sudah gangreng dikedua kakinya.Setelah minum ramuan saya selama 5 minggu,gangrengnya kering total. Ramuanherbal saya bentuknya cair siap minum.Silahkan konsultasi ke 0817197852.

  11. Asw. Saya menggunakan teh mahkota dewa kurang lebih sudah 2 minggu dan alhamdulillah saya mulai merasakan perbedaan al: nafsu makan berkurang ( jadi cepat kenyang, dan gak pengen ngemil lagi), badan lebih fit, dan yang terpenting bagi saya adalah saya bisa bertahan gak ngopi lagi tanpa menderita sakit kepala berat karena kecanduan kafein (maklum saya 8 tahun terakhir ni hampir tiap hari ngopi dan bisa sampai 3 kali sehari). Saya berharap semoga pembaca yang lain jg bisa merasakan manfaat dari tanaman herbal yg satu ini, Insya Allah.

  12. saya habis minum racikan mahkota dewa dengan daun kumis kucing yg sudah keringsertakulita kayu yang direbus setelah beberapa hari agak terasa sakit di sekitarbawah usus besar sebelah kanan apakah memang itu efek kerja dari racikan obat tersebut.perlu diketahui saya menderita sesak nafas dan diabetes(pernah suntik insulin pada Waktu kadar gulaku 450).mohon penjelasannya,karena saya takut efek sakitnya itu.jadi untuk sementara saya hentikan minumnya.sampai ada penjelasan.atas penjelasan dan sarannya.kami ucapkan terima kasih.

  13. saya punya ketumbuhan di rahim. saya ingin bertanya adakah dengan mahkota dewa boleh menyembuhkan penyakit itu. dan bagaimanakah saya ingin mendpatkan penawar mahkota dewa itu.

  14. Aq uda minum teh mahkota dewa kmrin. Skrg mahkota dewaQ g ada buahx … apkh px musim b’buah ?
    Gmn cara mngolah daun mahkota dewa ?

  15. ak baru skitar 2 mingguan mengkonsumsi rebusan teh mahkotadewa, wow Alhamdullilah. stamina dan daya tahan tubuh meningkat, krn dlu sering banget flu an batuk2, sekarang gak lagi…

  16. Jika ada sesiapa yang berminat untuk membeli daun/ pohon mahkota dalam bentuk kering atau basah boleh hubungi saya di No. Tel : +607 5208810 / 7810

  17. saya pada awalnya tidak percaya kepada mahkota dewa..secara kebetulan semasa saya sedang dilanda sakitn pinggang kawan saya telah offer saya untuk minum air buah mahkota dewa…
    selepas 1/2 jam saya minum saya mula sendawa dan akhirnya sakit pinggang saya pun hilang…
    sekarang saya telah mempromosi buah mahkota dewa kepada ibu bapa saya dan semua ok seperti darah tinggi, kencing manis dan angin dalam bdn..
    skrg saya menjadi pengedar untuk buah mahkota dewa di johor bahru, malaysia..
    sesiapa yang berminat utk mendapatkan buah mahkota dewa
    sila hub saya 012-444 8910 fazri..

  18. saya dari banting selangor malaysia,ada menanam pohon mahkota dewa,,lebih kurang i ekar,terbukti ubat ini sangat mujarab…untk berbagai penyakit…buleh sembohh.sesiapa ingin mencuba sila lah tel saya 0132331095..atau ke alamat berikut…lot 1646 kg sungai lang 42700 banting kuala langat selangor

  19. sy dari malaysia ada menanam pokok mahkota dewa..lebih kurang i ekar,secara tradisonal,ubat ni sangat mujarab untk mengubati berbagai penyakit kronik,mahupun yg biasa saja.sesiapa yg berminat untk mendapatkn ubat ini,bule hubungi saya di talian 0132331095.atau terus ke alamat yg tertera lot 1646 kg sg lang 42700 banting kuala langat selangor malaysia,

  20. Salam!!!

    Saya ada mahkota dewa kering. Yang mau silakan hubungi 081234323288. Stok tak terbatas. Harga Rp. 45,000/kg diluar ongkos kirim. Juga tersedia rosella merah dengan harga Rp. 55,000/kg di luar ongkos kirim.

    I have mahkota dewa available. Please contact me at +6281234323288. I have unlimited stock. The price is Rp. 45,000/kg excluding freight. I also have rosella (hibiscus) with price Rp. 55,000/kg excluding freight.

  21. ASKUM..I DARI MALAYSIA..DAH MENCUBA MAHKOTA DEWA NIE.. SANGAT BERKESAN TERUTAMA DAPAT MENURUNKAN PARAS GULA YANG SELAMA NIE BERGANTUNG PADA UBA HOSPITAL,DAN I GALAKKAN ANDA YANG TERLIBAT MENCUBANYA YANG BERBENTUK KOPI DAN TEH…

  22. askum… saya dari malaysia.. pada mulanya saya x percaya akan keberkesanan herba nie saya mengalami penyakit kulit (ezema)alhamdulillah selepas minum teh herba mahkota nie selama 2 minggu saya terasa ezema saya semakin kering dan secara x langsung kulit saya secara keseluruhan seperti kulit sihat…
    saya nasihatkan kepada pembaca di luar sana di mana jua cubalah..insyaallah

  23. saya telah mencuba mahkota dewa kandungan nya sama saperti tunjuk langit
    dan badan rasa ringan dan insyaalah saya mahu tanam inui pokok di kebun orang tua saya,

  24. kita ada jual mahkota dewa yang buatan malaysia.
    quality lagi bagus daripada indonesia.
    ada berminat boleh email kita untuk melanjut maklumat.
    terima kasih

    salam.

      • Saya Pn nora, dari Malaysia ada menjual buah mahkota dewa yang telah di keringkan.,.satu kotak hanya RM 30.00/125gm ( harga termasuk kos penghantaran- poslaju) 2 kotak, hanya RM 50.00. sekiranya berminat..sila hubungi saya di talian 012 7489445 atau kunjungi http://noorzza.blogspot.com/
        Sesiapa yang berminat untuk menjual herba mahkota dewa ini sila hubungi saya.
        Stok banyak. Anak benih pokok mahkota dewa turut ada untuk di jual.

    • saya berminat pasal mahkota dewa buatan malaysia, saya mahu utk diabetes dan buang kencing kotor. ini contact saya 017-6942130

      terima kaseh

  25. ass. saya minta tolong, apa yg bisa bantu saya untuk mendapat daun segar mahkota dewa..
    please call me (021) 95631118

  26. Saya mau tanya, buah mahkota yang baru dipetik dari pohonnya, apakah langsung dapat kita iris lalu kita seduh sebagai teh, atau kita iris lalu kita jemur dulu sampai kering betul. Mohon jawaban.

  27. saya dapat mahkota dewa tapi belum tahu bgm cara pengolahanya, kalu sy cium kok manis tapi gmn cara agar jadi teh ?

  28. Saya menemui Teh Mahkota Dewa semasa melihat pameran Flora di Putrajaya pada 15 Jula 2010. Saya singgah di gerai di mana saya diperkenalkan teh ini. Saya beli paket yang mengandungi 10 uncang. Saya meminum nya dan selepas 7 hari saya merasakan kesannya yang menggembirakan. Tengkok, pelipas (lutut) dan tangan kanan sakit bela diangkat semakin berkurangan. Saya harap penemuan ini serasi pada saya untuk semua penyakit

  29. salam…
    kalau perlukan produk mahkota dewa ataupun pokok mahkota dewa, sila hubungi nombor tertera:

    0196516207(en.khairi)

    monkisenterprise.sdn bhd
    pengedar mahkota dewa…

  30. saya dari malaysia ingin dapatkan bibit mahkota dewa dari rakan di sini. dan juga hirisan kering buah dari indonesia nyatakan harga bila berhubung.

  31. Banyak sudah kasit dan kegunaan buah mahkota ini, namun kadang kita tidak tau bagaimana caranya bisa membuat buah ini menjadi obat herbal yang berkualitas, terkadang banyak pula buah irisan ini di dapat, namun saya sarankan lebih baik kepada yang ahlinya, yaitu PT mahkota dewa indonesia, yang mempunyai Kelinik pengobatan yaitu Kelinik Ny Ning harmanto yang telah terpercaya, juga teruji dari dinas kesehatan juga legalitas produk tersebut, Karna kita dapat mengakses dengan jaringan internet secara onlane juga datang ke keliniknya, disana juga ada team Medis dan konsultan herbal. Saya kebetulan saya adalah seorang pasien yang sembuh dengan buah mahkota dewa.

    • nak tahu bisa tak mahakota dwa digunakan untuk pesakit luekimia,ada orang sudah mencuba dan sembuh tolong balas ya,trima ksih..

  32. jika diizinkan saya ingin menanam pokok ini di rumah.ramai ahli keluarga saya yang menghidap penyakit kronik ini. antaranya ibu saya yang menghidap kencing manis. bagaimana saya boleh memperolehi pokok ini. diharap pihak tuan dapat membantu masalah ibu saya ini. terima kasih

  33. akhirnya ketemu cara pengolahan mahkota dewa:

    – daun: rebus sampai mendidih 15 menit. minum. – buah: harus sudah matang+dikeringkan (jemur donk), tanpa biji+cangkang biji. 5 buah diiris, rebus dg air 5 gelas smpi mendidih. Sisakan 3 gelas. Saring. Minum 2-3x shr.

  34. saya punya krecekan buah mahkota dewa yg sudah kering .buah yg saya gunakan hanya yg sudah benar2 masak(jatuh sendiri dari pohonnya).jika berminat silakan sms k nmor 0881314700 (untuk informasi & pemesanan)ato bisa k email yudhast@ymail.com
    Trima kasih..

  35. kalau saudara/i saya perlu tanaman mahkota dewa untuk di tanam di rumah,kebetulan sy budidayakan tanaman ini.dan buahnyapun kalau memang perlu perlu silahkan hub. saya. 082124400079

  36. Assalamualaikum,

    Saya Ahmad Nizam dari Seremban, Malaysia, pengamal dan pembuat ubatan herba, makanan kesihatan, makanan berfungsi baik produk yang dimakan atau disapu. Bebas bahan kimia, lembut, selamat. Kaedah pengubatan ada banyak moden, tradisi, nutrition, herba dsb. Ada kaedah kuat dan cepat kesannya tapi banyak kesan sampingan. Ada cara yg lembut, selamat dan sesuai utk semua golongan tapi kesan tak semestinya lambat. Ia bergantung kpd byk faktor, jenis penyakit, teruknya penyakit, cara pemakanan, tabiat, dsb. Ada campuran yang tak sesuai yakni tak seimbang untuk tubuh pesakit. Maka timbullah kesan sampingan dan tindak balas yg kuat. Sebenarnya rawatan kena ada formulasi yang seimbang (panas, sejuk, kering, basah), keadaan pesakit dan perlu di beri pemakanan berzat tinggi yang asli. Contohnya misai kucing dan mahkota dewa tak sesuai dibuat kombinasi sebab akan melemahkan badan pesakit. Keduanya herba yang kuat efeknya. Saya ada buat pelbagai jenis produk diakol (diabetes, darah tinggi), proimmunz (kanser), nutrifud, nutrishifax, madu bidara, multipurpose organic gel( gangrene, kudis, kayap, kanser luaran), bedak sejuk bidara (masalah kulit yang ringan dan kronik), biosidr drop dan sebagainya. Disamping itu nasihat pemakanan juga diberi untuk meminimumkan tindak balas pemulihan. Untuk keterangan lanjut sila hubungi tel 016-4369630 atau email: mhdsafwan606@gmail.com

  37. saya dari banting selangor malaysia,ada menanam pohon mahkota dewa,,lebih kurang i ekar,terbukti ubat ini sangat mujarab…untk berbagai penyakit…buleh sembohh.sesiapa ingin mencuba sila lah tel saya 0123614225..atau ke alamat berikut…lot 1646 kg sungai lang 42700 banting kuala langat selangor

  38. Mahkota Dewa telah membantu saya menangani; tekanan darah tinggi, kencing manis dan terakhir menangani ‘batu karang’ dlm ginjal. Semua ramuan saya adun sendiri dan sudah tentunya mahkota dewa sebagai pelengkap.

  39. ade info yang sahih x??sye student UTM. in doing research tentang mahkota dewa untuk final year project. kalau ade, nak mintak share…

  40. Saya jual produk minuman kesihatan mahkota dewa. Sesiapa yg berminat nak jaga kesihatan dan dihindari penyakit kronik boleh hubungi 016-4131384.

  41. saya dah 6 tahun insomnia(susah tidur), sampai pernah kecanduan obat tidur, cek-cek akhirnya diketahui asam urat tinggi dan kolesterol tinggi dalam darah lalu coba minum obat2 herbal yang mahal-mahal itu, tapi hasilnya nda ada…dan ketika belanja di suatu toko ada ramuan herbal2 (mahkota dewa) alami yang sudah dikering2kan itu…lalu iseng kucoba ternyata cukup diseduh …sakit pusing saya yg menahun sembuh dan kadar asam urat dan kolesterol menurun…ternyata yg mahal belum tentu menyembuhkan….dan yg murah ternyata khasiatnya……menakjubkan…

  42. mau tanya apa mahkota dewa juga bisa buat tomor?terus kalo dikonsumsi anak umur 5 tahun bisa gak ya,dan gimana caranya…dapetnya dr mana?

  43. Mahkota Dewa itu sudah dikenal berasal dari Papua, INDONESIA.. BUKAN DARI MALAYSIA..!!!
    Malaysia tu cuma numpang doang… he.. he.. he…

  44. sesiapa yang berminat dengan produk mahkota dewa yang telah diproses hubungi saya 019-5694656. Anak2 poko juga disediakan…

Tinggalkan komentar