1

Kemajuan Dunia Robot (2)

Menyambung tulisan-ku sebelumnya Kemajuan Dunia Robot (1)

Sebegitu cepatnya teknologi dan setiap hari selalu ada benda2 baru ciptaan manusia yang muncul. Begitu juga dengan teknologi robotika..semakin hari dituntut untuk bisa menerapkan teknologi yang mempermudah manusia. Atau bahkan mungkin melakukan pekerjaan yang manusia tidak bisa lakukan.
Karenanya tidak heran bahwa ilmu robotika terus berkembang, banyak diadakannya kompetisi di dunia robot oleh berbagai kalangan sebenarnya adalah untuk mepertajam dan mengembangkan ilmu dasar robot yang sudah dipunyai. Di Indonesia sendiri, KRCI (Kontes Robot Cerdas Indonesia) sudah beberapa tahun diadakan. Dan tiap tahun ajang tersebut diadakan tapi sayangnya tema yang dipakai hampir sama di setiap tahun hanya kualitasnya ditingkatkan dan sedikit dimodifikasi. Robot yang dilombakan adalah Robot Pemadam Kebakaran. Lebih bagus kalo ada beberapa jenis robot yang dilombakan. Jadi para mahasiswa dan kalangan umum bisa lebih kreatif dan pemikirannya lebih berkembang. Apalagi sekarang jenis-jenis robot semakin banyak. Tetapi masalahnya setelah lomba selesai dan ditetapkan pemenang, terus robotnya – yang biasanya hanya berupa prototype – dikemanain ya ? masa’ disimpen dan jadi pajangan buat tontonan doank, apa tidak ada program untuk mengembangkan tuh robot jadi bentuk yang benar-benar berfungsi sesuai dengan fungsinya. Jadi kalo Robot Pemadam Kebakaran ya diimplementasikan ke bentuk yang lebih baik dan difungsikan di dinas Pemadam Kebakaran, hal ini tentunya akan bisa mengurangi korban akibat kebakaran.
Project seperti ini setidaknya tidak hanya dipikirkan tetapi dijalankan  terutama yang bermodal besar 😉

——————————————————

Untuk tahun 2008 ini alhamdullilah almamaterku STT STIKMA Malang dah bisa maju sampai ke Surabaya walaupun hasilnya tidak seperti yang diharapkan tetapi lumayan sudah ada peningkatan project tahun 2007, yang waktu pengerjaan tidak mencukupi dengan yang ditargetkan panitia.
Salut buat tim creatif robot STT STIKMA tahun ini (bayu bejo, arif retrofira, Mas Jupri, Mas Fredy)

6

Kemajuan Dunia Robot (1)

Dunia Robot dari hari ke hari semakin canggih saja. Setelah beberapa hari lalu dilaunch robot yang mampu menyebrang dari tebing satu ke tebing yang lain di Grand Canyon dengan menggunakan tali dalam waktu sekitar 1 jam (lihat video), kemudian ada lagi robot yang mampu membaca pikiran monyet. Robot ini unik, memang hanya robot tangan/lengan saja, tapi ketika lengan robot ini diberi pisang kemudian di seberangnya ada monyet yang dalam keadaan terikat, monyet tersebut cukup melihat pisang tersebut, lengan robot akan dengan otomatis mendekatkan pisang tersebut pada si monyet dan si monyet dengan mudah bisa memakannya. Jadi cara kerja robot tersebut adalah membaca pikiran monyet (mungkin membaca sinyal-sinyal yang terpancar dari wajah si monyet yang lagi mupeng kali yaa…. ha..ha..)

Sekarang ada lagi robot yang bisa bermain bola, kalo yang satu ini tidak mau kalah dengan Euro, tapi kali ini Euro versi robot. Wuih keren, robotnya bisa cepet menendang bola dan mampu membuatnya goll..jangan dibayangkan bentuk robotnya seperti manusia yang punya lengan dan kaki loh yaa… robot yang satu ini berbentuk kubus, tapi sensornya mampu membaca arah gerak bola…untuk lebih seru bisa tonton pertandingannya disini :
http://youtube.com/watch?v=MKdnBc0WCVY&feature=related

Setelah STPDN sekarang STIP

Kekerasan di kampus terutama antara senior dengan junior selalu identik dengan STPDN. Secara jika kita mendengar kata kekerasan di kampus, langsung pikiran kita tertuju pada sekolah penempa calon praja tersebut, karena akhir-akhir ini pemberitaan yang fenomenal tersebut selalu mengarah pada kampus yang berlokasi di Jatinangor itu. Tetapi hal ini tidak akan berlangsung lama setelah terbongkarnya aksi kekerasan antara senior kepada junior di kampus STIP (Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran). Pagi tadi waktu nonton nuansa pagi RCTI ditampilkan video amatir yang dikirim oleh pemirsa Nuansa Pagi RCTI. Serupa dengan kekerasan yang terjadi di STPDN, di STIP pun pemukulan di anggota badan dilakukan kepada junior oleh seniornya dan kejadian “latih fisik” ini tidak diketahui oleh pengurus.
Dunia Pendidikan kembali lagi berduka, kini bertambah lagi list kampus yang tercoreng akibat buruknya sistem pendidikan. Inikah potret pendidikan kita? Kekerasan, premanisme, geng2an mewarnai berkembangnya dunia pendidikan akhir-akhir ini.

Memang untuk sekolah sejenis STPDN, STIP, Akpol dan sejenisnya, ciri khas kedisplinan tinggi tidak bisa ditinggalakan begitu saja. Disiplin harus menempel dalam jiwa para murid dan mahasiswanya. Dulu waktu SMU saya bersekolah yang menerapkan kedisiplinan yang tinggi, tapi disini hukuman fisik berupa pemukulan tidak boleh dilakukan baik oleh guru maupun senior. Kalo kami bersalah karena terlambat semenit saja, atau melakukan gerakan yang tidak penting pada waktu upacara, tidak mengerjakan tugas, dan pelanggaran-pelanggaran lain, hukuman yang biasanya diberikan kayak push up, lari keliling lapangan, hormat bendera…dan hukuman tersebut saya rasa udah cukup buat jera juga, karena tiap murid punya malu ketika mereka harus menerima hukuman, dan berharap kalo perbuatan tersebut tidak terulang lagi. Akhirnya kami bisa belajar untuk kedisiplinan.
Lalu buat apa pemukulan2 tersebut, saya rasa hanya sebuah ajang untuk menunjukan kesenioritasan dan ke-eksisan suatu kelompok dalam lingkungan kampus tersebut.
Jika sebelumnya tradisi tersebut adalah memang suatu “upacara” yang harus dilakukan dan adalah suatu hal yang biasa di lingkungan kampus mereka, tetapi setelah ke-ekspose media dan mencatut nama sekolah, “upacara” yang selama ini mereka lakukan justru menjadi boomerang..
Kalo sudah begini, yang malu bukannya yang dihukum tapi eksekutornya atau penghukumnya … 😉

3

Video Metrologi Industri

Barangkali ada yang membutuhkan video mengenai Metrologi Industri dan aplikasinya, terutama yang berkaitan dengan pengukuran kelurusan (straightness measurement), pengukuran kekakasaran benda, kesejajaran (alignment measurement), dan metode pengukuran dan pengujian aspek-aspek metrologi lainnya, dapat dilihat di link you tube berikut :

http://youtube.com/watch?v=xJDou-yq8-s
http://youtube.com/watch?v=jG84UjCZboo
wheel alignment  : http://youtube.com/watch?v=WgqCNHUf0eU
auto alignment    : http://youtube.com/watch?v=l0d3M1O6LGc
http://youtube.com/watch?v=UZJ__uZ3NnU
http://youtube.com/watch?v=1roAHbiAyX8
http://youtube.com/watch?v=T2snOxuEd3g
http://youtube.com/watch?v=HcDaJNzJMxc
http://youtube.com/watch?v=n3rGet5-s8E 
http://youtube.com/watch?v=5uEzDzV2EIU
http://youtube.com/watch?v=QrGvMYi7F8g
http://youtube.com/watch?v=sTU4fZHDjg8
http://youtube.com/watch?v=pneYXPOV9aA
http://youtube.com/watch?v=OBoFkxmaUnY
http://youtube.com/watch?v=7nN86-16T90
http://youtube.com/watch?v=hOj8_FCVkg0
http://youtube.com/watch?v=Dk47O4peBgU
http://youtube.com/watch?v=yR_OXNHOd6w
http://youtube.com/watch?v=tuqyKZU9np0

semoga berguna dan bermanfaat untuk menambah wawasan atawa sekedar tau mengenai bidang metrologi industri dan syukur2 bisa sedikit membantu tugas-tugas kuliah (jadi ingat adikku 😉 ) atau bahkan untuk ide penyusunan skripsi jurusan teknik.

5

Perjalanan Tiga Wanita

Perjalanan Tiga Wanita adalah nama salah satu acara di Trans TV yang kusuka. Disini kita bisa tau bagaimana Islam masuk ke bumi Indonesia. Acara yang dipandu oleh 3 dara cantik bernama Rima, Salma, dan Vidia ini cukup santai dalam penyajiannya, tapi tidak terlepas dari misinya untuk memberikan informasi yang menarik, padat, dan jelas tentang Islam. Mereka mengenalkan peninggalan-peninggalan Islam yang dibangun jaman dulu kala ketika Islam baru pertama-tama kali masuk ke Indonesia. Peninggalan yang diangkat baik mulai dari Masjid, Istana Kerajaan-kerajaan Islam, makam-makam para aulia dan berikut sejarah berdirinya. Dengan menontonnya ya setidaknya aku tau ttg bagaimana Islam menjadi agama yang paling banyak penganutnya di negeri ini. Hal ini tidak terlepas dari jasa para wali dan para aulia serta pedagang-pedagang Islam yang mampir ke Indonesia kala itu.

Tak jarang juga, diangkat bagaimana keadaan masyarakat yang sering mengkultuskan peninggalan-peninggalan tersebut. Acara tersebut hendak memberi contoh bahwa yang demikian patut dihindari oleh penonton. Karena perbuatan yang mengkultuskan peninggalan-peninggalan dengan sesembahan dsb sesungguhnya mendekati kemusyrikan, dan Allah sangat murka dengan tindakan ini.

Sayangnya acara ini disiarkan pada pagi hari (Selasa-Rabu pukul 06.30 WIB) padahal jam segitu, aku harus siap-siap ngantor, jadi kadang ada bagian yang kutinggalakan 😦 .
Btw salut juga dgn 3 presenter tersebut, mereka masih muda-muda tapi wawasannya luas dan cara menyajikan acaranya tidak kaku n sangat luwes. Apalagi ditambah parasnya juga ayu-ayu dan menyejukkan (ya iyalah, apalagi Rima, dia kan juga berprofesi sbg model). Kalo aku boleh nebak sih kayaknya mereka semua pada masih kuliah kalee, tapi kalo masih kul kok mereka bisa keliling Indonesia terus ya? …nah lo !! ..kuliahnya kapan terus ???

————————————————————————————
Tulisan ini tidak bermaksud mempromosikan acara atau stasiun televisi tertentu.
Tulisan ini hanyalah sebuah komentar. 🙂
————————————————————————————
 

8

Film Laskar Pelangi

Novel Dealova sudah dibikinkan film, Novel Ayat-Ayat Cinta juga sudah bahkan akhir-akhir ini sedang gempar-gemparnya. Lalu, kira-kira kapan giliran Novel Laskar Pelangi ini difilmkan ya??
Kalo sampai novel ini dibuat jadi film pasti akan memberi warna tersendiri pada Dunia Pendidikan yang akhir-akhir ini lesu.

Dalam imajinasiku..bila film ini ada, akan ada scene dimana banyak senyum anak-anak kecil yang berlarian di tengah-tengah persawahan dan ada yang besemangat bersepeda gayung ketika berangkat sekolah..serta suasana desa terpencil yang kental dan yang pasti akan ada sosok panutan seorang pengajar  seperti Bu Muslimah dengan raut yang penuh ketegaran dan keteguhan dalam profesinya.

Pasti dengan adegan-adegan semacam itu nantinya akan dapat memberi semangat pada pelajar di seluruh Indonesia bahwa Pendidikan itu penting sekali dan harus diperjuangkan walaupun harus menempuh jarak bermil-mil untuk bersekolah.
Apapun kesulitan kita..belajar tetap yang menjadi utama

Tuntutlah ilmu walau sampai ke negeri Cina
                               karena 
          Menuntutut ilmu adalah ibadah

😉

7

Judul Skripsi

Kalo lagi mau bikin proposal skripsi susah sekali nyari topik yang kira-kira cocok diangkat buat judul skripsi. Sampai-sampai setiap orang diminta saran mengenai judul skripsi, banyak masukan tapi banyak juga yang gak cocok ya karena judulnya terlalu berat, judulnya kurang bermutu, atau bahannya susah ato gak punya kemampuan buat ngerjain skripsi dengan judul model begitu..ih cape deh..

Tapi kalo dah nemuin judul atau setidaknya project dah selesai..tiba-tiba..ting..ting..ting..ting..inspirasi datang secara bergerombol..

Ada sih beberapa topik penelitian yang mungkin bisa kasih ide bagi yang nyari judul skripsi atau tugas akhir (tapi ini khusus Teknik Informatika loh.. ) :
1. Steganografi/Penyembunyian Data pada media Audio atau Video
2. Auto Salon buat mobil/sepeda montor
3. Sistem Informasi Accounting dan Financial
4. Pengenalan wajah atau pendeteksi kemiripan wajah
5. Pengenalan Logat
6. Media pembelajaran alat musik
7. Media pembelajaran murid TK (pengenalan huruf, angka, suara hewan, pengenalan  bentuk, pembelajaran sholat, mengaji, dsb..)
8. Pencari rute terpendek

Untuk sementara itu dulu, kalo ada inspirasi lagi akan kutambahi.