4 Acara Televisi Dicekal KPI

KPI kembali mengevaluasi acara-acara televisi yang tayang di 9 stasiun televisi swasta nasional. Dan telah terseleksi 4 acara televisi yang mendapat peringatan keras. Berikut ke-4 acara televisi tersebut :

1. Ngelenong Yuk (Trans TV)
2. Suami-Suami Takut Istri (Trans TV)
3. One Piece (Global TV)
4. Extravaganza (Trans TV)

Untuk Extravaganza sejak tahun lalu sudah mendapat peringatan keras, dan sekarang kembali lagi masuk ‘nominasi’ .

Penilaian yang dilakukan KPI itu antara lain didasarkan pada :
1. Unsur Kekerasan
2. Melecehkan atau Memperdaya golongan tertentu

KPI lebih lanjut menyarankan agar acara-acara tersebut baiknya ditayangkan pada malam hari, dimana anak kecil yang belum bisa membedakan benar apakah itu akting atau sungguhan tidak mempunyai kesempatan untuk menonton.

Menurut saya, seharusnya KPI lebih ketat lagi melakukan seleksi dan penilaian. Dan tidak hanya untuk televisi swasta nasional, televisi lokal juga perlu. Palagi untuk film-film kartun yang notabene konsumsi anak-anak tetapi jika didalami misinya banyak yang tidak menyelipkan unsur pendidikan bahkan banyak film kartun yang mengenyampingkan peran orang tua di dalamnya maka tak heran kalo anak sekarang lebih banyak melawan sama orang tuanya.

Adanya KPI Award untuk televisi terbaik maupun terburuk tiap tahun harus tetap diadakan agar para pengusaha di bidang pertelevisian tidak hanya melihat suatu acara dari segi bisnis saja, tapi juga dari segi pendidikan publik.

14 thoughts on “4 Acara Televisi Dicekal KPI

  1. Saya salah satu anak remaja yang suka dengan Anime terutama Anime jepang.Menurut saya acara seperti “One Piece” jangan ditiadakan,kalau ada suatu adegan yang tidak baik itu hanya penonton lah yang wajib menilai semua itu.kalau ada unsur kekerasan didalamnya itu juga kan hanya kartun tak berarti harus diambil semua yang tidak baiknya itu saja terima kasih.

  2. Saya sangat setuju dengan dicekalnya Extravaganza, tontonan tsb sama sekali tidak mendidik, TIDAK LUCU, Skenarionya Payah baget, Sama sekali gak lucu.
    sehingga menghancurkan sense of Humour Indonesia,
    Padahal adegan gak lucu, tapi seru amat tuh keluar dubbing ngakaknya. keramaian suara ketawanya ketimbang lucunya.
    mungkin cuma kasian saja dengan orang2 yg di belakang panggung, karena kostumnya yang rumit dan ribet serta latar studionya yg juga ribet. namun ceritanya PAYAH.
    Pemainnya tidak bisa melawak,lebih ke pelecehan memang. aming pun tidak lucu, namun penampilannyalah yg bikin lucu.
    So’ kita applaus lah untuk setting kostum and backgroundnya.

    Kenapa wahai skenarionya payah. Ganti aja tuh Penulisnya

  3. Betul banget setuju…
    Extravaganza JAYUUUS..

    apalagi tike, eneg aja liat badannya yg ancur tapi mukanya sok dicakep cantikin, tetep aja enggak pantes

    Komedi yg bagus tuh ya yg pemainnya mukanya ga bagus. bukan secantik and seganteng pemain2 extravaganza.

    Tetep aja Komedian nomer wahid
    1. Warkop DKI
    2. PATRIO
    3. Project Pop
    4. Cagur ( Narji, wendy, and the gank

    Mereka tuh gak pernah kehabisan akal buat nglawak dalam keadaan apapun..

    Lain bgt sama Tukul or Extravaganza
    Gue yakin kalo diadu ceng-cengan ma 4 tadi. mereka bisa jadi objek penderita

    Secara gak bisa nimpalin orang

  4. gw stuju bgt ma hyuuga!! kalian2 tuh cma bsa mnilai dr sisi negativ ny!! apalg rahadian!! eh gw tnya ma lo ya,emang ngaruh ya muka ckep ma dya lucu ma nggak!! undang2 aja ga nglarang kan muka ckep ga bleh ngelawak! mang klo mw ngelawak mesti jelek gitu??

  5. lg pula yg mw d cntik2in tike ini bkan mak lo,ko jd lo yg sewot sih??mang gw akui ada unsur kkerasanny tp lo jgn t’lalu ng-judge gtu donk! klian jg hrs ngsih ksempatan.lg pula skrg extra mlai ada prubhan..

  6. dan 1 lg,klian jgn seenakny ngmong klo scriptny payah atw nyruh gnti penulisny seenakny klian! stiap org kan ada keterbatasan. lg jg klo ngomong doang mah gampang! kalian hrs ngaca klian bsa ga ngelakuin pkerjaan ky gtu??

  7. untuk KPI sya mhon maaf jka ada prkataan sya yg krang brkenan. sya sbnrnya sngat stuju dgn tndakan KPI. jujur sya pecinta extravaganza. jd tlng beri extra ksemptan untk mmperbaiki. lg pula sya sdh mlihat adany prubhan dr extra wlau blm drastis.. trima ksh

  8. saya jg sangat setuju dgn hyuuga dan meifa. Kalian menilai hanya dr sisi negativny saja. Dan hanya menilai namun belum tentu kalian bisa jd pemain atau script writer extravaganza..

  9. yaps..gw jg setuju bgt ma hyuuga, meifa, dan restu. bwt rahadian, ada jg otak lo tu yg mesti di cekal. lo ngatain tike badanny ancur dan mukany d cntik2in itu sma aj pelecehan dan penghinaan. klo pe ada nak2 yg bca coment lo gmn??silahkn KPI ckal rahadian

  10. Oh, One Piece ya? itu yang salah bukan kartunnya atau skenarionya. Tapi orang Indonesianya!

    Perlu diingat, KARTUN TIDAK HANYA UNTUK ANAK KECIL. Namun TV Indonesia menganggap kartun hanya untuk anak kecil. Karena itu kartun yang mempunyai skenario seperti avatar, naruto, inuyasha malah ditayangkan pagi – pagi ketika jam sekolah dan jelas saja yang menonton acara itu anak – anak kecil. Padahal sasaran anime itu jelas untuk remaja. Bahkan bisa dikatakan anime seperti itu tidak cocok untuk anak balita.

    Rasanya Anggapan tentang kartun di sini mulai kembali seperti tahun 90-an. Ketika itu banyak orang tua sok tahu yang menuntut RCTI menghentikan Saint Seiya karena mereka tidak terima adanya kartun selain untuk anak kecil. Memangnya belum tahu ya kalau di Jepang ada kartun yang tayang tengah malam? (khusus untuk dewasa tentunya)

  11. sekarang tinggal masing-masing menilainya bagaimana mengenai acara-acara tersebut.dan lebih baik lagi jika dari semua acara (bukan hanya yang diatas) kita ambil yang baiknya sebagai pelajaran dan dibuang yang buruknya agar tidak kita contoh.

  12. ga guna bangetlah main cekal2an,n ngejelek2in… gimana mao pada maju coba kalo warganya sendiri ga ada yg mendukung..
    harusnya kalian pada kasih saran n kritik aja ga pernuh tuh nyekal2..
    tohhh ngaca dululah sendiri udah sempurna lom??? so jangan repot2 pusingin orang lain untuk berubah mendingan berusaha ubah dulu diri sendiri lebih baikkk.. jadii mulailah berubah dimulai dari diri sendiri… smyaa itu bisa dilihat dari sisi positif sama sisi negatif tergantung mahkluk itu mo nilainya ke sisi yg mana..
    thx

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s