Kemajuan Dunia Robot (2)

Menyambung tulisan-ku sebelumnya Kemajuan Dunia Robot (1)

Sebegitu cepatnya teknologi dan setiap hari selalu ada benda2 baru ciptaan manusia yang muncul. Begitu juga dengan teknologi robotika..semakin hari dituntut untuk bisa menerapkan teknologi yang mempermudah manusia. Atau bahkan mungkin melakukan pekerjaan yang manusia tidak bisa lakukan.
Karenanya tidak heran bahwa ilmu robotika terus berkembang, banyak diadakannya kompetisi di dunia robot oleh berbagai kalangan sebenarnya adalah untuk mepertajam dan mengembangkan ilmu dasar robot yang sudah dipunyai. Di Indonesia sendiri, KRCI (Kontes Robot Cerdas Indonesia) sudah beberapa tahun diadakan. Dan tiap tahun ajang tersebut diadakan tapi sayangnya tema yang dipakai hampir sama di setiap tahun hanya kualitasnya ditingkatkan dan sedikit dimodifikasi. Robot yang dilombakan adalah Robot Pemadam Kebakaran. Lebih bagus kalo ada beberapa jenis robot yang dilombakan. Jadi para mahasiswa dan kalangan umum bisa lebih kreatif dan pemikirannya lebih berkembang. Apalagi sekarang jenis-jenis robot semakin banyak. Tetapi masalahnya setelah lomba selesai dan ditetapkan pemenang, terus robotnya – yang biasanya hanya berupa prototype – dikemanain ya ? masa’ disimpen dan jadi pajangan buat tontonan doank, apa tidak ada program untuk mengembangkan tuh robot jadi bentuk yang benar-benar berfungsi sesuai dengan fungsinya. Jadi kalo Robot Pemadam Kebakaran ya diimplementasikan ke bentuk yang lebih baik dan difungsikan di dinas Pemadam Kebakaran, hal ini tentunya akan bisa mengurangi korban akibat kebakaran.
Project seperti ini setidaknya tidak hanya dipikirkan tetapi dijalankan  terutama yang bermodal besar😉

——————————————————

Untuk tahun 2008 ini alhamdullilah almamaterku STT STIKMA Malang dah bisa maju sampai ke Surabaya walaupun hasilnya tidak seperti yang diharapkan tetapi lumayan sudah ada peningkatan project tahun 2007, yang waktu pengerjaan tidak mencukupi dengan yang ditargetkan panitia.
Salut buat tim creatif robot STT STIKMA tahun ini (bayu bejo, arif retrofira, Mas Jupri, Mas Fredy)

One thought on “Kemajuan Dunia Robot (2)

  1. Iya kemaren aku lihat waktu disurabaya dan kayaknya robotnya gak mau jalan. gak tau kenapa katanya sih sensornya rusak. oke tetap semangat buat bejo dkk. tahun depan siapa yang akan maju neh?😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s