Beberapa alasan kenapa April Mop tidak perlu dirayakan

Besok tanggal 1 April, biasanya orang-orang merayakan April Mop atau yang disebut April Fool’s Day dimana orang2 boleh menjahili sesamanya dan yang dijahili tidak boleh marah.
Zaman-zaman masih sekolah masih seru-seruan saling jahil-menjahili sesama temen. kalo sekarang? ehmm…apa untungnya?..lagian ini bukan budaya kita..budaya asing n gak jelas asal-usulnya. Dan lebih mengagetkan lagi, setelah baca-baca di beberapa web yang menulis tetang sejarah april mop bahwa hari tersebut merupakan peringatan peristiwa pembantaian umat Islam di Spanyol. berikut beberapa web yang mengulasnya
1. http://www.antara.co.id/arc/2008/3/30/umat-islam-tak-pantas-rayakan-april-mop/
2. http://swaramuslim.net/more.php?id=199_0_1_0_m
(silahkan cari yang lain..)
Ngeri banget…!!!!

Tapi saya nggak mau terlalu mengulas dan membahas sejarah tersebut karena sumber dan refrensinya blm jelas (tahun kejadian tidak disertakan pada artikel yang saya baca) dan takutnya menimbulkan fitnah. Apalagi jika sampai menimbulkan efek yang lebih buruk. Zaman sekarang semakin banyak orang yang sensitif apalagi jika menyentuh SARA. Bukannya saya nggak percaya dengan tulisan-tulisan tersebut. Kita tetap perlu waspada.  
Terlepas dari berita tersebut bukankah lebih baik kalo kita tak perlu merayakan apa yang disebut April Mop tersebut. Kenapa saya bilang begini :

pertama, ini bukan budaya kita apalagi budaya Islam (sama halnya dgn Valentine- so kita tak perlu merayakan)
Kedua, bukankah bergaul dengan teman diharuskan dengan iktikad dan norma-norma yang baik serta tidak boleh sampai membuat mereka marah, apalagi sampai menjahili dgn tujuan yang gak jelas, iya kalo mereka tahu maksud kita kalo tidak malah akan timbul permusuhan.
Ketiga, ada yang menyebut di april mop kita bisa ‘menipu’. gak tau kandungan arti menipu ini apa atau hanya sekedar menipu untuk menjahili? bagaimana kalo tipuan kita ternyata membuat orang lain tidak ridha dan parahnya kalo sampai perbuatan kita dikategorikan mendzolimi mereka. Naudzubillah. 
Keempat, biasanya seseorang yang merayakan april mop akan merencanakan beberapa cara/trik untuk bisa mengerjai temennya bahkan hal tersebut kadangkala sudah dipikirkan jauh-jauh hari sebelumnya..menurut saya ini buang-buang waktu..masih banyak hal positif untuk dipikirkan.

Mungkin setiap orang pasti berbeda mengenai pendapat tentang April Mop ini dan bagaimana menyikapinya. Ya kita kembalikan ke masing-masing individunya.

3 thoughts on “Beberapa alasan kenapa April Mop tidak perlu dirayakan

  1. emang ga ada manfaatnya ngerayain april mop, yang ada malah bisa menimbulkan sakit hati bahkan bisa menyebabkan tumbuhnya dendam….karena takaran kejahilan masing2 orang beda kan?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s