Teh Rosella yang banyak manfaatnya

Satu lagi jenis teh yang memiliki banyak khasiat Teh Rosella, namanya. Teh satu ini sangat berkhasiat untuk kesehatan. Mulai dari menurunkan kadar kolesterol, diabetes, hipertensi, hingga asam urat. Teh ini juga berkhasiat mencegah oesteporosis dan baik dikonsumsi untuk ibu hamil dan bayi di dalam kandungannya.
Teh yang berasal dari tanaman Rosella ini juga berfungsi mengatasi batuk, sakit tenggorokan, dan sariawan. Rosella ini juga bisa menjaga kehalusan kulit dan keriput. Khasiat lainnya adalah melancarkan buang air besar.
Tanaman rosella ini berasal dari India dan Afrika. Tanaman ini memiliki bunga berwarna merah dengan aroma yang khas dan memiliki rasa yang asam, namun menyegarkan dan menyehatkan. Tanaman bernama Latin Hibiscus sabdariffa ini sedang naik daun. Padahal sejatinya tanaman ini sudah lama ada di Indonesia. Hanya saja, ia disebut dengan nama yang berbeda di setiap daerah.

Kelopak Rosella bisa dikonsumsi dalam bentuk segar maupun dalam bentuk seduhan seperti teh. Di Mexico, bagian selatan California, dan Thailand, kelopak Rosella kering yang dimanfaatkan dengan cara diseduh seperti teh sangat populer dengan sebutan Jamaica, atau aqua de Jamaica. Di Senegal, teh Rosella dikenal dengan nama jus de bissap. Masyarakat Gambia menyebutnya wanjo, zobo, atau tsobo. Di Turki, kelopak Rosella kering yang disajikan dalam bentuk teh disebut Karkade (dibaca “kar-kahday”). Karkade sendiri konon merupakan cara bangsa Arab menyebut teh manis. Mungkin karena kelezatannya itulah teh Rosella menjadi minuman kaum bangsawan Mesir kuno dan dijadikan semacam ritual “toast” pada perayaan pesta pernikahan di Sudan. Kelopak Rosella segar juga dimanfaatkan menjadi berbagai bentuk makanan seperti puding, campuran salad, hingga selai dan sirup.
Sayangnya, kadar antioksidan dalam kelopak Rosella menjadi berkurang jika dikeringkan dengan proses pemanasan (dipanggang dalam oven). Kadar senyawa berkhasiat yang terkandung dalam kelopak Rosella berada pada tingkat tertinggi jika dikonsumsi dalam bentuk segar.

Antikanker dan Antihipertensi
Di antara banyak khasiatnya, Rosella diunggulkan sebagai herba antikanker dan hipertensi. Ini sesuai dengan uji pra klinis yang dilakukan oleh Yun Ching Chang, seorang peneliti dari Institute of Biochemistry and Biotechnology, Chung Shan Medical University di Taiwan. Yun Ching Chang menemukan bahwa pigmen alami dari kelopak kering Rosella terbukti efektif dalam menghambat dan sekaligus mematikan sel kanker HL-60 (kanker darah atau leukemia). Pigmen ini juga berperan dalam proses apoptosis (bunuh diri) sel kanker.

 

sumber ; dari berbagai sumber

 
 

 

40 thoughts on “Teh Rosella yang banyak manfaatnya

  1. Saya pengkonsumsi rutin Rosella. Rasanya ga begitu masam dan ga perih di perut. Saya minum tanpa penambahan gula / madu, coz demi kesehatan saya jarang sekali mengkonsumsi gula. Kalo mau manis, prefer tambah madu (tapi ni juga harus yang asli). Banyak madu di pasaran yang dicampur dengan gula (jadi apa bedanya ma minum gula??). Setelah saya coba dan cocok, sekarang saya berjualan Rosella. Tersedia dalam kemasan 80 gram. Jika berminat, silahkan mampir ke site saya: http://lapakku.wordpress.com

    Regards

  2. Wah.. mendingan kalo mau kulakan rosella ke pusatnya saja… dikota malang ini aku pernah membelinya… Kwalitasnya bagus-bagus dan pelayannanya baik dan kalo dikirim ke luar kota 3 hari sudah sampe ke alamatku, dan lagi ada garansinya jika hilang atau kurang timbangannya. klik saja di http://rosellamerah.wordpress.com

  3. nice article
    Terima kasih
    Indah fashion
    Online&offline shop
    Menjual pakaian baru hamil /big & menyusui,pakaian dalam hamil/big & menyusui berwarna (lingerie, korset, gurita), pakaian bayi-anak2 (balita) branded (cubitus, dll), celana jeans wanita , gaun wanita harga terjangkau (< 100rb)
    Bisa diantar ke seluruh dunia
    info detail
    Web http://indahfashion.blogspot.com
    e-mail sweetye_indah@yahoo.com
    Kunjungi info kesehatan & gaya hidup di http://indahlifestyle-healthy.blogspot.com
    Info tentang keuangan di http://indahmoney.blogspot.com
    info pengobatan tradisional, http://indaherbal.blogspot.com

  4. memang sich banyak sekali manfaatnya.saya juga merasakan manfaatnya.saya setuju kok sama manfaat yang udah dicantumin artikel diatas.tapi saya juga ada beberapa artikel lainnya mengenai teh rosella dan beberapa artikel lainnya mengenai tanaman herbal di web saya dan saya juga menjual beberapa produk tanaman herbal seperti teh rosella dan bibit rosella, sarang semut merah yang diyakini sangat ampuh dibanding sarang semut lainnya serta buah merah. produk kami dijamin murah kok. silahkan kunjungi website kami http://id.marketnearyou.com atau menghubungi saya (tiara) no.tlp:081 280 1965 85

  5. Salam kenal semua, sy termasuk pemain baru sbg agen teh rosela. Klu boleh tahu, mungkin dari teman2 ada kesaksian bahwa betul2 bunga rosela ini mujarab. Dan kira2 harga wajar bunga rosela kering di jual ke konsumen itu berapa sich? Misalnya berat 25 gram, 50 gram, 100 gram menurut teman2 yg lakukan di lapangan. Dan respon masyarakat sendiri bagaimana. Sharin pengalaman saja. Trims

  6. Kelopak kering bunga Rosella (Hibiscus sabdariffa L.) Dikenal juga dengan nama Teh Rosela,Teh Merah, Teh Yaman, Teh Mekah, Asam Rejang, Kesur dll. Produk kami berasal dari sistim pertanaman organik (bebas pestisida & pupuk buatan), segar alami dan menyehatkan. Sistim pengeringan kelopak bunga rosella secara alami (sinar matahari) +/- 3 hari penjemuran tersedia kualitas premium,standart dan biasa.
    Produk yang dijual dalam bentuk:
    1. Kelopak kering utuh, Harga Rp.40.000,-/kg.
    Melayani grosir harga NEGO.
    +6285649733777

    • pak saya mau tanya kalau mau order teh Rosella hargany sekarang Berapa ya per kg.nya ???? mohon sms aja di hp.08128318023. sekalian yang warna ungu…! trims.

  7. Nama teh Rosella bagi saya begitu asing, tetapi begitu mendengar banyak komentar tentang teh Rosella saya tertarik untuk mencoba dan menjadi agennya. Adakah yang bersedia membantu saya ? Kalau ada kirim email ke cheeko_miu@yahoo.com
    Tk

  8. Apakah ada efek samping yang ditimbulkan jika mengkonsumsi rosella terlalu banyak (berapa dosis amannya) ? Berapa kuntum bunga sebaiknya dikonsumsi setiap hari ?

  9. Memang sangat terasa manfaat meminum teh Rorella pada diri saya. Saya baru minum 1minggu ini, tapi manfaat yg sy rasakan langsung terasa. Dari pada sy minum produk2 yg dr luar yg katanya alami tp sdh dlm kemasan brbentuk kapsul.

  10. Ping-balik: MUDIK LEBARAN 2009 – Kisah Perjalanan liburan lebaran Kel. Teguh W « The Wibowos' Blog

  11. oiya… saya ingin tanya.. apabila menggunakan pengering bunga rosella ototmatis..
    berapa suhu yang tepat untuk pengering tersebut?? dan berapa lama pengeringan tersebut berlangsung agar didapat bunga rosella denga kualitas bagus??
    saya sangat butuh bantuan anda sekalian

  12. Saya hampir sebulan minum tehrosela. Efek lamgsung yg buat kaget, kulit jadi lebih halus, tapi kok berat nadan belum turun ya hehe, sulit juga padahal dah Olahraga dan makan nasi merah segala *sigh*

    • Sementara produk teh celup rosella dipasaran masih original, kami memberikan produk teh celup rosella yang dapat dipilih rasanya oleh konsumen sendiri. Sensasi Rasa yang berbeda diharapkan mampu memberikan apresiasi konsumsi selain bagi penikmat rosella lama juga penikmat rosella yang baru. Harapan kami adalah agar khasiat alamiah rosella dapat dinikmati sebanyak banyaknya konsumen baik rasa maupun khasiat alamiahnya.
      Kami Hadir pertama kali di Indonesia dengan plus 3 varian rasa dari bahan alami (natural) yakni mint (daun mint), melati (bunga melati segar) dan jahe (jahe segar instant).
      Pioner Teh Celup Rosella Sangrai (Metode Sangrai Tradisonal)
      Metode teknologi proses produk kami yang menggunakan teknologi tepat guna digabungkan dengan metode tradisional berupa proses sangrai secara tradisional yang dikontrol secara manual dari sisi higienis dan kualitasnya. Hal ini merupakan penghargaan kami terhadap budaya tradisi pengolahan tradisional di Indonesia. Metode Sangrai mampu memberikan aroma dan taste yang unik dan membantu meningkatkan daya tahan produk HILWA.

  13. pengen merasakan teh celup rosella yang praktis dengan sensasi yang berbeda untuk penyajiannya … kai pertama di indonesia teh celup rosella sangrai plus bahan alami ada 3 pilihan bahan alami : mint, bunga melati dan jahe merah alami.

    mampir gan ke website ane ….

    mas abe ukm ash sholihin.

  14. PETANI ROSELLA KEDIRI, SAYA PETANI & PENYALUR HASIL PANEN ROSELLA KEDIRI, BERPENGALAMAN SEJAK 2004, SIAP BEKERJA SAMA MENYUPLAI ROSELLA ECERAN DAN PARTAI HRG TERMURAH SEINDONESIA, SIAP DI BUKTIKAN

  15. Kami memproduksi teh rosella (suplemen minuman alami)yang belum ada dipasaran. cocok untuk usaha anda yang bergerak dalam jasa penyedia minuman seperti restoran, rumah makan, cafe, hotel, kantin, tempat wisata, minuman dingin (franchise), dan distributor/agen bahkan toko herbal di Indonesia.

    Kami memiliki produk teh celup rosella PLUS Brand HILWA Produksi UKM Ash Sholihin sendiri dengan berbagai variasi rasa yang unik dengan memberdayakan anak anak santri pondok pesantren Ash Sholihin.

    Pilihan Produk Teh Celup Rosella HILWA PLUS antara lain :
    (1) Teh Celup Rosella Hilwa : Plus Bunga Melati Alami
    (2) Teh celup Rosella Hilwa : Plus Mint Alami
    (3) Teh Celup Rosella Hilwa : Plus Jahe Merah Alami

    Selain itu kami menerima pesanan khusus bila ada yangberminat mencantumkan nama usaha dalam tag pesanan anda, tentunya dengan harga yang berbeda. cocok untuk promosi usaha seolah olah menu minuman tersebut adalah milik usaha tersebut.

    Pembelian produk kami merupakan peran serta anda dalam memberdayakan dan mendukung program memandirikan ponpes, dimana sebagian keuntungan tahunan kami sisihkan untuk kemandirian ponpes ash sholihin.

    Izin : Dikes PIRT No. 2103271051029

    Bila ada yang berminat bisa anda lihat selengkapanya produk inovasi kami melalui website resmi kami : http://www.tehceluprosella.com
    Untuk agen/distributor hubungi kami melalui contact di website resmi kam

  16. kami menawarkan produk dan peluang keagenan dan distributor dari produk teh celup rosella sangrai plus HILWA dengan 3 pilihan bahan alami plus tambahan yang membuat kami menjadi teh inovasi rosella elup pertama di Indonesia.

    Silahkan anda coba dan pilih sendiri sesuai selera anda :
    1. teh celup rosella sangrai plus mint alami HILWA
    2. teh celup rosella sangrai plus jahe merah alami HILWA
    3. teh celup rosella sangrai plus bunga melati alami HILWA

    kunjungi : http://www.tehceluprosella.com
    email : ukmsholihin@yahoo.com
    via sms : 085888962737 (abe)

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s